Minggu, 02 Juni 2013

Dukung Program MP3EI, UNEJ Siapkan Empat Program Studi Baru


JEMBER - Guna mendukung Program MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia), Universitas Jember (UNEJ) akan membuka empat program studi baru. Keempat program studi tersebut adalah Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Informatika dan Teknik Lingkungan.

Selain untuk mendukung program MP3EI, pembukaan empat program studi baru ini nyatalah merupakan bentuk ekspansi fakultas teknik yang saat ini masih memiliki tiga program studi jenjang S1 dan tiga program studi jenjang D3. Program studi tersebut diantaranya adalah S1 Teknik Mesin, S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Sipil, D3 Teknik Mesin, D3 Teknik Elektronika, dan D3 Teknik Sipil. Akan tetapi hingga saat ini pembukaan empat program studi baru tersebut masih dalam tahap perencanaan.

Seperti yang dilansir dari laman www.unej.ac.id Pembantu Rektor I Universitas Jember, Drs. Zulfikar, PhD, mengatakan bahwa keempat program studi baru tersebut dibuka dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada di Kampus Tegalboto, terutama sumber daya laboratorium dan kesiapan fakultas pendukung. Diharapkan, lulusannya nanti akan menjadi sumber daya manusia (SDM) yang kompeten untuk mendukung MP3EI, terutama di Indonesia bagian timur. “Khusus untuk sumber daya manusia memang masih perlu disiapkan untuk mengisi posisi dosen di empat program studi yang akan dibuka di Universitas Jember,” ujarnya.

Hal ini senada dengan tujuan dari Program MP3EI untuk kemajuan dan pembangunan ekonomi Indonesia. Program MP3EI sendiri merupakan amanah yang harus ditanggapi secara positif oleh berbagai elemen, termasuk oleh dunia perguruan tinggi. Perguruan Tinggi memiliki tugas dan peran dalam penyediaan SDM dan IPTEK sesuai koridor ekonomi yang dituju dan sesuai potensi daerah. Pembukaan empat program studi baru ini tentunya sudah disesuaikan dengan potensi Jember dan daerah di seputaran Jember. (hsm).

Sumber rujukan: www.unej.ac.id

0 komentar: