Selasa, 04 Juni 2013

7 Tips Penting Untuk Mahasiswa Baru

Melangkah ke dunia studi baru biasanya akan memberikan semangat dan energi baru, terlebih dunia studi tersebut adalah yang diharapkan selama ini. Yah, memang suatu kebanggaan yang luar biasa jika dunia studi yang kita harapkan selama ini bisa benar-benar terwujud di kehidupan kita sekarang.
Menyandang perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa, pasti memberikan kebanggaan tersendiri bagi tiap pelakunya. Namun, sebelum berjibaku di bangku perkuliahan, ada baiknya Anda para mahasiswa baru perlu mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, sukses di bidang akademik tidak hanya membutuhkan kecerdasan otak, tapi juga membutuhkan keterampilan dalam segala hal, termasuk dalam hal memanage waktu secara efektif dan efisien. Baiklah untuk mengulas lebih dalam tentang apa-apa saja yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa baru sebelum benar-benar terjun ke dunia studi barunya, saya akan memberikan 7 TipsPenting Untuk Mahasiswa Baru. Berikut ulasannya:

1.    Jadwal
Memasuki dunia kampus, Anda akan mengetahui jadwal perkuliahan dilakukan secara mandiri. Nah, mulai sekarang persiapkan jadwal segala kegiatan yang akan Anda lakukan. Taati dan disiplinlah. Misalnya, mengatur waktu untuk pergi ke perpustakaan, menulis laporan praktikum atau lab, jadwal bertemu dosen, serta berbagai kegiatan akademik lainnya.

2.      Pahami Sistem
Perlu diketahui, bahwa atmosfer belajar yang akan Anda hadapi nanti berbeda dengan ketika Anda belajar di SMA yang bisa menghabiskan waktu belasan jam. Di dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Pahami sitem SKS, sistem penilaian dengan IPK dan sistem jam perkuliahan. Dengan memahami sistem pendidikan ini, mahasiswa baru tidak akan kelabakan dengan perubahan sistem belajar tersebut.

3.    Jangan Malas
Penyakit yang satu ini sering melanda jika sudah banyak tugas yang mendekati tenggang waktu dan padatnya jadwal kuliah serta kegiatan-kegiatan organisasi. Namun sebelum penyakit ini benar-benar melanda berusahalah sedini mungkin untuk selalu menyisihkan waktu ekstra karena akan ada berbagai tugas perkuliahan yang menanti selama Anda menjadi mahasiswa. Sebab, bagaimanapun juga tugas utama mahasiswa adalah belajar. Jadi jangan malas untuk pergi kuliah. Banyak kampus yang menerapkan sistem 3 kali tidak masuk disuatu mata kuliah, mahasiswa tidak bisa mengikuti ujian akhir semester. Keadaan tersebut membuat mahasiswa tidak bisa lulus di mata kuliah tersebut. Jadi, malas akan merugikan Anda sendiri.

4.    Belajar
Dengan sistem belajar mandiri, mahasiswa juga dituntut aktif belajar sendiri diluar jam perkuliahan. Dengan banyak membaca buku dan jurnal penelitian, mahasiswa bisa dengan mudah mengikuti jalannya perkuliahan. Membaca buku dan jurnal penelitian bisa dari sumber cetak maupun sumber online. Dengan banyak membaca, tugas yang diberikan dosen bisa dikerjakan dengan lebih sempurna. Agar sistem belajar Anda lebih optimal buatlah catatan kelas, pelajari dengan matang; lakukan tes-tes untuk mengetahui seberapa dalam Anda memahami materi; Anda juga dianjurkan untuk memiliki kelompok belajar, serta mangadakan pertemuan rutin dengan dosen untuk mengetahui sejauh mana perkembangan belajar Anda.

5.    Membina Hubungan
Berhubungan baik dengan dosen bukan berarti menjadi penjilat. Dalam banyak kasus jika dosen lebih mengenal mahasiswanya, mahasiswa tersebut mempunyai kesempatan yang lebih besar dalam mengembangkan diri misalnya mahasiswa tersebut berkesempatan bergabung dalam proyek dosen. Membina hubungan dengan senior juga membantu melancarkan kuliah. Pengalaman senior selama kuliah bisa menjadi pedoman mahasiswa baru dalam mengambil mata kuliah atau hanya sekedar mengerjakan tugas.

6.    Berteman Dengan Sekitar
Memasuki dunia perkuliahan berarti juga memasuki kesempatan besar dalam menjalin pertemanan dengan banyak orang. Berkenalan dan bertemanlah dengan orang-orang baru. Apalagi jika di Jember ini sebagai pendatang, teman-teman inilah yang akan menjadi pelipur lara jika sedang kangen rumah. Kesempatan dalam mendapatkan pekerjaan juga banyak didapat dari teman-teman.

7.    Menjelajah
Kalau bosan di kos jangan dulu lari ke mal. Mari menjelajah daerah-daerah kos terlebih dahulu. Cari warung makan yang dekat dengan kos atau sekedar tempat laundry. Lalu menjelajah dengan teman-teman dengan tema wisata kuliner, apalagi Jember kini menawarkan banyak sekali tujuan wisata kuliner asik yang murah dan mengenyangkan. Selain bosan hilang, pengetahuan akan wilayah Jember menjadi semakin baik dan luas.

Itulah 7 Tips Penting Untuk Mahasiswa Baru yang dapat saya berikan, semoga dapat memberikan manfaat kepada para pembaca khususnya bagi mahasiswa baru yang hendak melangkahkan kakinya ke dunia studi yang baru. Baca juga artikel menarik tentang Awas! MLM Intai Mahasiswa Baru agar Anda sebagai mahasiswa baru tidak terjerumus ke dunia tersebut.

0 komentar: