Selasa, 04 Juni 2013

Awas! MLM Intai Mahasiswa Baru

Bukan hal yang baru lagi jika MABA atau Mahasiswa Baru selalu diidentikkan dengan kepolosan dan rasa ingin tahunya yang cukup tinggi. Namun, siapa sangka jika dengan kepolosan dan keluguannya tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelaku bisnis Multi Level Marketing (MLM). Yah, dalam lima tahun terakhir bisnis semacam ini memang makin marak diperbincangkan. Mungkin bagi mahasiswa lama istilah MLM ini sudah tidak asing lagi di telinganya, namun tidak demikian bagi mahasiswa baru. Rasa ingin tahu yang tinggi menjadi salah satu faktor penyebab mahasiswa baru mencoba untuk menggeluti usaha ini. Inilah mengapa para pelaku MLM selalu mengintai Mahasiswa Baru untuk dijadikan member baru atau sebagai downlinenya.
Pada dasarnya MLM (Multi Level Marketing) merupakan salah satu usaha atau bisnis dengan sistem member get member dalam rangka mencapai posisi atau jabatan dalam suatu produk MLM tersebut. Usaha ini salah satu usaha yang banyak digandrungi masyarakat belakangan ini (khususnya Mahasiswa Baru), pasalnya usaha ini dianggap dapat dengan sukses mendapat keuntungan atau kesuksesan dalam waktu singkat. Namun tidak sedikit berujung pada kerugian yang cukup besar bagi pengikut usaha tersebut. Sangat risih memang jika kita dipaksa secara implisit untuk ikut mereka, apa lagi dengan iming-iming yang kadang sangat tidak rasional. Oleh karena itu kali ini akan saya paparkan beberapa tips untuk menghindari MLM bagi Mahasiswa Baru. Namun sebelumnya perlu saya tekankan bahwa MLM yang saya maksud disini adalah MLM yang hanya mencari uang tanpa mau usaha dan hanya mencari keuntungan dengan mendapatkan uang orang lain sebagai bawahan dan dari bawahan orang lain tersebut, (dalam kontens tidak ada barang yang dijual atau menjual barang bukan tujuan utama), berikut tipsnya :

1.    Jangan Mudah diajak Ketemuan
Ketika sampai di Kota tujuan (kampus tercinta berada), waspadalah terhadap orang- orang yang pengen ngajak ketemuan. Meskipun orang tersebut mengenal anda, kita sebaiknya waspada. Terlebih orang yang baru anda kenal apalagi tidak dikenal. Bisa terjadi banyak kemungkinan yang salah satunya adalah jebakan MLM. Pastikan dulu apa alasan dan tujuan seseorang mengajak Anda ketemuan.

2.    Jika Sudah Terlanjur Ketemuan
Saat seperti ini mungkin terjadi saat anda tidak menjalankan tips pertama atau kita sudah yakin bahwa dia tidak mengajak MLM. Saat seperti ini kita juga harus tetap waspada dan perhatikanlah topik pembicaraan. Biasanya topik yang mengarah ke MLM dimulai dengan pembicaraan masalah finansial, misalkan bertanya tentang kiriman uang bulanan, pekerjaan orang tua, daerah asal dan sebagainya. Lalu, biasanya pembicaraan akan membahas mengenai bekerja sambil kuliah, atau berwirausaha, atau hal lain yang intinya mengajak anda buat bekerja. Pada saat seperti inilah anda harus mencermati usaha apa yang sedang dijelaskan pada anda. Jika pada usaha tersebut anda diperintahkan mencari orang lain bergabung di bisnis ini untuk mendapatkan keuntungan atau bonus tambahan, Insya Allah itu merupakan sistem MLM.

3.    Jangan Terlalu Fokus
Saat anda sedang bertemu dan ngobrol (dalam konteks seperti di atas) sebaiknya anda tidak terlalu fokus dengan omongan orang tersebut, karena dari pengetahuan saya, orang yang mengajak MLM memiliki teknik khusus untuk mempengaruhi orang lain melalui obrolan. Dan pastikan anda tidak terlalu fokus dengan jawaban "Iya" saat anda ditanya sesuatu karena itu bisa memancing anda untuk juga berkata "iya" saat anda diminta bergabung di bisnis MLM.

4.    Ingat Tujuan Anda
Ingatlah selalu tujuan anda, anda pergi merantau untuk kuliah, anda tidak pernah dituntut untuk bekerja. Meskipun pongajak MLM berkata "Kita harus bisa membantu Orang Tua kita, kita gak mau kan cuma merepotkan Orang Tua karena harus mengirim uang bulanan kepada kita", yakinlah kalau orang tua kita Insya Allah akan membiayai kebutuhan kita, orang tua kita menguliahkan kita dan ingin kita sukses, bukan menipu orang lain dengan kedok membantu dana buat kulah. Dan Jangan lupa selalu berdo'a agar kita dan orang tua kita selalu dilimpahkan rejeki yang lebih agar bisa kuliah dengan baik hingga lulus dan sukses di masa depan. Do'akanlah orang tua kita agar selalu sehat dan kerjaannya lancar sehingga bisa mencari uang untuk bisa terus membiayai anaknya yang sedang menuntut Ilmu di perantauan.

5.    Jika Ingin Usaha
Jika ingin usaha, usahalah yang baik, bekerjalah dengan cara yang baik dan halal, berdaganglah dengan cara yang benar. Ingat bahwa mencari uang itu butuh usaha keras, tidak ada cara instant buat dapatkan uang melainkan itu cara yang tidak baik. Tidak ada bisnis yang tidak beresiko, tidak ada keuntungan besar tanpa usaha, dan tidak ada orang malas yang sukses. Dan bila Anda memang sangat menginginkan untuk dapat menghasilkan uang sendiri baca artikel 7 Usaha Untuk Mahasiswa.

Berusahalah sesuai kemampuan dengan tetap mengingat tujuan utama yaitu kuliah. Kita memang wajib membantu orang tua kita, kita wajib membahagiakan orang tua kita, tapi menururut saya dengan kita belajar sungguh-sungguh, kita akan sukses kedepannya, dan itu akan membuat orang tua kita jauh lebih bangga daripada kita dapat uang dari usaha MLM. Dan ingatlah juga bahwa pebisnis sukses seperti Bill Gates, Bob Sadino, dan yang lain tidak kaya dari Hasil MLM. Jadi, untuk para mahasiswa baru selalu waspadalah dan pikirkan matang-matang tentang sesuatu yang akan Anda geluti. Semoga postingan ini memberikan manfaat buat Anda semua. Terimakasih.

0 komentar: