Selasa, 11 Juni 2013

Tips Belajar Efektif di Perguruan Tinggi untuk MABA


Setiap Mahasiswa Baru pasti pertama kali berjibaku dengan dunia perkuliahan yang dihawatirkan adalah masalah sistem belajar. Tidak sedikit dari mereka yang takut akan sistem belajar yang akan mereka hadapi nanti. Mereka kerap kali mengira bahwa belajar di Perguruan Tinggi itu sulit, butuh banyak waktu dan memusingkan. Belum lagi dengan bayangan-bayangan segudang tugas-tugas yang akan mereka hadapi nanti. Yah, wajar memang bila kebanyakan dari mereka beranggapan seperti itu. Sebab, pola belajar di SMA sejatinya memang jauh berbeda dengan pola belajar di Perguruan Tinggi.

Lalu, perbedaan seperti apa sih yang dimaksud?

Jika di SMA peran aktif seorang guru adalah hal yang mutlak dilakukan, sehingga seorang murid akan cenderung terpaku pada guru dalam hal belajar. Manakala siswa tidak mengerti dengan materi yang tengah dipelajari maka gurulah solusinya. Inilah yang membedakan dengan pola belajar di Perguruan Tinggi, sebab bukan lagi guru/dosen yang berperan aktif dalam hal belajar, tapi mahasiswalah yang justru dituntut untuk berperan lebih aktif dalam hal ini. Seorang dosen hanya sebagai fasilitator, bukan lagi seorang tentor seperti saat di SMA. Jadi sekali lagi pola belajarmu akan menentukan prestasimu.

Baiklah tanpa perlu panjang lebar lagi, di sini saya akan berbagi Tips Belajar Efektif di Perguruan Tinggi untuk MABA (mahasiswa baru) agar Anda bisa mengikuti pola belajar yang ada di Perguruan Tinggi. Berikut uraiannya:

a)   Pandangan dan Sikap Positif
Pertama-tama agar perkuliahan berlangsung secara efektif, mahasiswa perlu memiliki pandangan dan sikap positip terhadap perkuliahan, yaitu : persepsi positif terhadap program studi, pandangan dan sikap positif terhadap kehadiran dalam perkuliahan, pandangan dan sikap positif terhadap dosen, serta pandangan dan sikap positif terhadap bahan dan fasilitas perkuliahan. Dengan demikian Anda akan lebih mampu menerima materi kuliah dengan tenang dan menyenangkan.

b)   Fokus dan Konsentrasi
Saat di dalam kelas, perhatikan dan dengarkan materi yang diberikan oleh dosen. Kurangi berbicara dengan teman atau melakukan hal-hal di luar pelajaran. Catat semua informasi yang diberikan oleh dosen selengkap-lengkapnya. Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian. Perlu pula, aktif bertanya pada dosen jika belum jelas atau sekedar menggali informasi yang lebih penting. Jadi, sedikit tidak fokus dan kosentrasi di dalam kelas akan membuat Anda bisa menyerap 70 % materi yang ada.

c)    Membaca dan Memahami
Agar Anda bisa memahami materi kuliah, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh dosen. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak Anda. Usahakan pula saat Anda membaca benar-benar memahami hal-hal baru dalam materi tersebut sebelum Anda mencoba untuk menghapalnya. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti/paham betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi perkuliahan.

d)   Pilih Waktu Belajar
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.

e)    Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, Anda juga bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan saya jamin Anda bakalan susah untuk mengantuk (sesuia pengalaman yang pernah saya lakukan).

Nah, sangat sederhana bukan tips yang dapat saya bagikan? Yah, meskipun begitu sederhana namun bila Anda terapkan dengan sungguh-sungguh maka hasilnya pun akan jauh dari kata sederhana, atau bisa dikatakan sangat luar biasa. Berhasil atau tidaknya Anda dimasa perkuliahan tergantung pribadi Anda masing-masing. Karena sekali lagi bahwa pola studi di Perguruan Tinggi akan jauh berbeda dengan pola studi yang ada di SMA. Oke, cukup sekian dulu yah Tips Belajar Efektif di Perguruan Tinggi untuk MABA yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini bisa menjadikan pola belajar Anda lebih efektif dan efisien. Baca juga artikel menarik tentang 7 Tips Penting Untuk Mahasiswa Baru sebagai bekal Anda memasuki dunia perkuliahan.

0 komentar: