Selasa, 18 Juni 2013

Hari Lansia Nasional UNEJ Senam Bersama 2000 Lansia


JEMBER – Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional 2013, Unej adakan senam ceria bersama 2000 Lanjut Usia (Lansia) di double way Kampus Universitas Jember Minggu pagi (16/6/2013). Para Lansia yang hadir merupakan perwakilan dari Karang Werda se-Jember, anggota Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Jember, anggota Yayasan Gerontologi Abiyoso Perwakilan Jember, perkumpulan senam jantung sehat dan sivitas akademika Universitas Jember termasuk para purna tugas.

Kegiatan senam bersama 2000 Lansia ini dimulai dengan Senam Jantung Sehat II, Senam Poco-Poco dan diakhiri dengan Senam Diabet seri II. Menurut mantan Kepala Bagian Humas Universitas Jember, selain bertujuan untuk berolah raga bersama, kegiatan ini juga bermaksud untuk menjalin tali silaturahmi dengan sesama Lansia di Jember.

Sementara itu, event menarik ini juga di tanggapi positif oleh Rektor, Drs. Moh. Hasan, MSc., PhD. Menurutnya Universitas Jember sejatinya adalah milik bersama, dan sudah seharusnya jika Kampus Tegalboto mewadahi semua komponen masyarakat termasuk para Lansia. Universitas Jember juga memiliki sumber daya manusia yang siap membantu para Lansia seperti misalnya dengan fakultas yang ada di rumpun kesehatan.

Acara yang digawangi oleh Drs. Imam Soebagio sebagai ketua panitia sepenuhnya sudah berjalan apik. Terlebih, 2000 Lansia yang hadir juga merasa puas. Karena selain acara senam bersama tersebut, mereka juga disuguhkan dengan kemeriahan penampilan paduan suara dari Karang Werda Intan Permata Kecamatan Kaliwates,  Karang Werda Sejahtera Kecamatan Semboro dan Karang Werda Dahlia IV Kecamatan Ambulu. Para Lansia juga berkesempatan mendapatkan door prize yang disediakan kalangan perbankan mitra Universitas Jember.

Kegiatan senam bersama ini juga dihadiri oleh Murtadho, perwakilan dari Dinas Sosial Kabupaten Jember yang berharap kegiatan kali ini bisa menjadi agenda rutin. Menurutnya dengan semakin tingginya Usia Harapan Hidup masyarakat Indonesia, maka akan semakin banyak pula Lansia yang ada di indonesia. Sehingga perlu usaha keras untuk terus meningkatkan pembinaan Lansia di Jember dengan berbagai cara. “Alhamdulillah Kabupaten Jember telah meraih juara pertama dalam bidang Pembinaan Lansia se-Jawa Timur tahun lalu,” ungkap Murtadho. (hsm)

Sumber rujukan: www.unej.ac.id

0 komentar: