Selasa, 18 Juni 2013

Meski Ada Sister Proses Registrasi MABA Masih Berlangsung Lama


JEMBER – Proses registrasi calon mahasiswa baru Universitas Jember jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 mulai berlangsung sejak selasa pagi (18/6//2013). Rencananya proses registrasi ini akan berlangsung di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) selama dua hari, dan berakhir hingga hari rabu (19/6/2013).

Ada yang berbeda pada proses registrasi tahun ini. Calon mahasiswa baru saat ini sudah tidak perlu lagi antre untuk mengisi data diri seperti tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, untuk tahun ini Unej mulai menerapkan Sistem Informasi Terpadu (Sister). Dengan berlakunya Sistem Informasi Terpadu (Sister) ini mereka bisa mengisikan data diri dari tempat domisili masing-masing melalui laman https://sister.unej.ac.id, yang berlangsung mulai 11 s/d 17 Juni 2013.

Seperti yang saya lansir dari laman www.unej.ac.id, Pembantu Rektor I, Drs. Zulfikar, PhD mengatakan “Tujuan pengisian data ini selain untuk kepentingan bank data Universitas Jember, juga untuk memberikan kenyamanan bagi para calon mahasiswa baru, sebab pada saat kegiatan daftar ulang nanti pada tanggal 18 dan 19 Juni, mereka sudah tidak perlu lagi antre mengisi data diri,” ujarnya. “Untuk diketahui kegiatan daftar ulang mahasiswa baru di Universitas Jember pada tahun sebelumnya meliputi pemeriksaan kesehatan, pengisian data diri, penetapan nomor induk mahasiswa, foto untuk kartu mahasiswa dan pengukuran jaket almamater. Dengan penerapan Sister maka satu tahapan sudah dilalui, sehingga proses daftar ulang bisa selesai lebih cepat,” imbuhnya.

Akan tetapi meski telah berkurang satu tahap yakni pengisian data diri, beberapa calon mahasiswa baru sempat mengeluh karena proses registrasi masih berlangsung lama. “Saya antre hampir delapan jam lebih, sebab saya datang sejak pukul 8 pagi dan baru selesai pukul 4 sore,” ungkap calon mahasiswa baru asal Pamekasan. Hal senada juga diungkapkan oleh Tyas calon mahasiswa baru bidikmisi, “Registrasinya tidak adil sebab anak bidikmisi ditelantarkan, padahal sudah antre dari subuh dan belum selasai juga sampai jam 3 sore,” ujarnya.

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun telah diberlakukannya Sistem Informasi Terpadu (Sister) yang diharapkan untuk memberikan kemudahan bagi para calon mahasiswa baru Universitas Jember ternyata masih menuai beberapa masalah seperti yang sudah-sudah. Semoga saja Unej terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada para mahasiswa melalui pengembangan-pengembangan sistem baru yang lebih memudahkan mahasiswa. (hsm)

0 komentar: