Kamis, 06 Juni 2013

UKT Menguntungkan Calon Mahasiswa Baru UNEJ


JEMBER - Kontroversi penerapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) terus bergulir, terutama di kalangan mahasiswa Universitas Jember (UNEJ). Namun sebenarnya bila dicermati dengan sistem UKT ini justru akan menguntukan banyak pihak terutama bagi calon mahasiswa UNEJ 2013.

Pengertian kata "tunggal" dalam UKT bermakna tidak ada lagi jenis pengutan lain selain jumlah pembayaran yang ditetapkan dalam UKT tersebut. Sehingga mahasiswa atau orangtua mahasiswa sudah dapat menghitung berapa uang yang harus disediakan semenjak mulai mendaftar sampai menerima ijazah tanda telah menyelesaikan studi.

Misalnya, jika UKT ditetapkan Rp2 juta per semester per mahasiswa dengan masa studi normal delapan semester. Maka, mahasiswa tersebut akan membayar Rp16 juta sampai tamat tanpa ada beban pembayaran lainnya.

Seperti yang saya kutip dari website unej, penentuan besarnya UKT yang ditanggung mahasiswa ditentukan dari hasil verifikasi tanggal 3 s.d 7 Juni 2013. Dengan berbagai prosedur atau persyaratan administrasi yang telah ditetapkan oleh pihak UNEJ.

Dengan demikian, mahasiswa tidak perlu khawatir jika sistem tersebut akan memberatkan mereka. Sebab, penerapan UKT tergantung pada ekonomi mahasiswa. Selain itu, jenis jurusan dan perguruan tinggi juga turut mempengaruhi besarnya UKT. (hsm)

0 komentar: