Sabtu, 15 Juni 2013

Tips Membuat Kamar Kost Nyaman


Kondisi kamar yang nyaman, bersih dan udara yang sejuk merupakan hal yang selalu diusahakan oleh para pemiliknya, terutama bagi kaum pelajar atau mahasiswa yang tinggal di kost-kostan. Terlebih lagi bila kamar tesebut merupakan satu-satunya tempat untuk beristirahat setelah melakukan aktivitas kampus seharian penuh. Jadi, bukan hal yang tidak mungkin terjadi jika Anda akan merasa damai dan tenang ketika kondisi kamar Anda terlihat bersih, rapi dan nyaman. Nah, lalu bagaimana caranya untuk menciptakan kamar kost Anda agar terkesan rapi dan nyaman? Berikut akan saya bagikan tips untuk membuat kamar kost Anda lebih rapi dan nyaman untuk dihuni:

1.    Warna Cat Tembok
Tidak sedikit mahasiswa yang tinggal di tempat kost yang tidak peduli terhadap warna cat dari kamarnya tersebut. Padahal dengan mengganti warna cat sesuai dengan warna kesukaan Anda sedikit banyak akan menjadikan kamar Anda lebih segar dan nyaman. Jangan enggan untuk mengecat kamar kost Anda sendiri meskipun kamar tersebut hanya akan Anda huni ketika mengenyam pendidikan saja. Tidak ada salahnya kan mengorbankan uang sedikit demi kenyamanan Anda sendiri. Usahakan pula ketika Anda merubah warna cat pilihlah warna-warna yang lembut, karena warna-warna tersebut akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman. Suasana ruangan yang baik juga bisa mempengaruhi mood Anda. Jangan sampai mood Anda jelek hanya karena pola pengecatan yang buruk.

2.    Pencahayaan Ruang Kamar
Usahakan Anda pintar dalam mengatur dan menyesuaikan pola pencahayaan ruang kamar Anda. Setidaknya Anda perlu memiliki lampu tambahan ketika Anda hendak belajar. Namun matikan lampu tambahan tersebut ketika Anda hendak beristirahat. Sebab cahaya dari lampu yang terlalu terang akan membuat Anda sedikit panas dan susah untuk tidur. Sebaiknya atur pencahayaan menjadi lebih redup atau lembut, karena dengan cahaya seperti ini akan membuat mata Anda lebih mudah rileks dan nyaman.

3.    Furnitur dan Aksesori Ruang Kamar
Sesuaikan furnitur maupun aksesori ruang kamar yang hendak Anda beli dengan ukuran kamar Anda. Karena kamar yang penuh dengan furnitur maupun aksesori akan terlihat sesak dan jauh dari rasa nyaman, terlebih luas kamar kost yang sangat terbatas. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda saja sebagai mahasiswa.

4.    Penataan Ruang Kamar
Dalam menata ruang kamar Anda harus pandai dalam memanfaatkan ruang kosong sebaik mungkin. Jangan menaruh barang-barang yang tidak terlalu penting karena hanya akan membuat kamar kos anda menjadi sempit. Jika Anda memiliki banyak buku-buku, tempatkan buku-buku tersebut pada rak minimalis yang digantung atau ditempel di dinding kamar Anda, sehingga hal ini tidak akan memakan tempat di kamar kost Anda.

5.    Pewangi Ruang Kamar
Pewangi ruangan akan membuat aroma kamar Anda menjadi lebih segar dan wangi. Sehingga kesan nyaman dan tenang akan lebih tercipta di kamar kost Anda. Sama halnya dengan warna, pewangi ruangan juga jangan terlalu menyengat, pilihlah wangi-wangian yang lembut, sehingga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak dan rileks.

6.    Kebersihan Ruang Kamar
Dalam menciptakan kondisi kamar yang nyaman faktor kebersihan merupakan hal krusial yang perlu Anda perhatikan. Usahakan setiap pagi dan sore hari Anda selalu menyapu kamar kost Anda. Sehingga debu di kamar Anda tidak akan menumpuk agar tidak menjadi sarang nyamuk. Selain itu Anda juga perlu menghindari tumpukan-tumpukan baju kotor maupun gantungan baju-baju yang telah Anda pakai berserakan di kamar kost Anda. Sebab hal ini juga menjadi pemicu nyamuk betah bersarang di kamar kost Anda. Jika memang baju Anda sudah kotor, masukkan ke dalam timba atau ember cucian dan tutuplah timba tersebut agar bau baju tidak menyebar di ruang kamar Anda. Sehingga dengan begitu kenyamanan dalam kamar kost Anda tidak mustahil akan selalu tercipta.

Nah, mudah bukan tips membuat kamar kost Anda menjadi lebih nyaman? Mudah-mudahan Anda juga dapat menerapkan tips-tips di atas dengan mudah. Sehingga kamar kost Anda benar-benar akan terkesan bersih, rapi dan nyaman untuk dihuni. Dan Anda akan lebih betah dan nyaman selama menjadi mahasiswa yang hidup di tempat kost. Selamat mencoba.



0 komentar: