Selasa, 04 Juni 2013

7 Usaha Untuk Mahasiswa


Hidup madiri adalah suatu hal yang sering diimpikan oleh kebanyakan mahasiswa, tanpa terkecuali saya pun juga demikian. Yah, mandiri dalam hal bisa membiayai kuliah dengan hasil jerih payahnya sendiri memang suatu hal yang sangat luar biasa. Tak sedikit memang mahasiswa yang menginginkan bisa kuliah sambil kerja. Sebab, dengan begitu mereka akan memiliki penghasilan sampingan untuk membiayai kebutuhan hidup mereka sehari-hari. Namun, pekerjaan seperti apakah yang dapat mereka kerjakan? Terlebih mereka juga memiliki kesibukan sebagai mahasiswa.
Disisi lain mereka melowongkan waktu untuk kuliah, kemudian harus menyediakan waktu lagi untuk bekerja. Hal ini akan sangat sulit dilakukan jika mereka yang tidak mempunyai cukup waktu untuk bekerja. Karena waktunya sudah banyak disita oleh tugas-tugas dari kampus tempat mereka kuliah. Lalu, bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan, jika kita sebagai mahasiswa yang waktunya sudah banyak disita oleh tugas-tugas dari kampus?
Eitss,, jangan pesimis dulu, masih ada caranya kok, yaitu dengan Bisnis Sampingan. Jadi tidak memerlukan waktu yang banyak dan bisa dibantu dengan orang lain. Lalu, bisnis sampingan apa yang dapat dikerjakan oleh seorang mahasiswa tersebut? Nah, berikut ada 7 Usaha Untuk Mahasiswa yang dapat Anda coba sebagai bisnis sampingan selama kuliah. Berikut uraiannya:

1.    Menjadi Guru Les / Privat
Jika Anda memiliki otak yang cemerlang, jago dalam pelajaran, baik SD, SMP bahkan SMA tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuka les / privat. Selain mendapatkan penghasilan, Anda juga akan memiliki pengalaman dan wawasan yang lebih, dan siapa tahu Anda bakal jadi guru atau dosen nantinya. Jadi, dengan menjadi guru les / privat, kemampuan Anda dalam mengajar dapat lebih terasah lagi.  Les / privat yang dapat Anda ajarkan tidak mesti harus tentang pelajaran, jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang olahraga, misal sepak bola, bisa juga diprivatkan bagi anak-anak yang hobi sepakbola. Peluang ini tentu saja sangat bagus dan sayang sekali bila disia-siakan.

2.    Menjadi Reseller
Biasanya bisnis reseller ini cukup gampang untuk dikerjakan oleh seorang mahasiswa, karena kita hanya menjual produk yang sudah ada, dan kita tinggal menjualnya ulang kepada orang lain dengan dinaikkan harganya sedikit untuk mendapatkan keuntungan. Dan enaknya lagi, bisnis ini bisa dilakukan dimana saja, entah itu dunia nyata, di sela-sela waktu kosong, ataupun di dunia maya. Apalagi sekarang sudah banyak situs-situs yang menyediakan tempat untuk berjualan, seperti facebook, blog, dan lain-lain.

3.    Jual Pulsa
Usaha seperti kebanyakan dilakukan oleh mahasiswa perempuan, karena mereka dapat mengelola bisnis ini dengan baik. Seperti yang kita ketahui keuntungan dari usaha semacam ini tidaklah terlalu besar, akan tetapi jika sudah mempunyai banyak langganan, penghasilannya akan dapat membiayai kuliah anda. Lalu, bagaimana jika Anda seorang laki-laki, apakah Anda bisa dan boleh mencoba usaha ini ? Tentu jawabnnya sangat bisa dan sah-sah saja menurut saya, tergantung bagaimana Anda memanage keuangan yang Anda peroleh nanti.

4.    Usaha Kuliner
Biasanya usaha seperti ini dilakukan oleh mahasiswa yang hobi memasak, untuk menyalurkan hobinya tersebut, dan bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Yang penting makanan yang dijual enak, dijamin pasti bisnisnya berkembang. Atau bahkan bisa membuka toko makanan sendiri, seperti buka rumah makan. Tidak harus makanan yang berat, coba dulu dengan makanan-makanan ringan yang memang banyak digandrungi oleh masyarakat.

5.    Jasa Antar Jemput
Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi, jasa antar jemput ini tidak terlalu buruk untuk dicoba. Memang kedengarannya sedikit aneh dan bahkan jarang dilakukan oleh mahasiswa, namun bila Anda pintar membaca peluang maka usaha seperti ini terbilang sangat menjanjikan untuk bisa menghasilkan banyak uang.

6.    Jasa Pengetikan
Buat Anda yang memiliki kecepatan mengetik yang sangat spektakuler, tak ada salahnya jika mencoba membuka jasa pengetikan ini. Tidak sedikit yang membutuhkan jasa seperti ini, terlebih bagi mahasiswa yang menginginkan tugas-tugasnya cepat selesai. Baik tugas makalah, portofolio, paper, atau apalah yang penting berhubungan dalam dunia ketik-mengetik. Tunggu apalagi, mulailah dari sekarang usaha apik ini dan lihat berapa banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan nanti.

7.    Desainer grafis
Jika Anda memiliki bakat dalam mendesain grafis, jangan sia-siakan kemampuan seperti ini. Sebab, dengan begitu Anda dapat membuka jasa desain logo suatu blog atau usaha, desain iklan, desain baju hingga mengedit foto, brosur, poster atau spanduk (baik untuk seminar yang digelar di kampus atau untuk keperluan suatu usaha). Tentu saja usaha ini sangat berpotensi menghasilkan bagi Anda, dan banyak yang mau membayar untuk karya Anda tersebut, dan bahkan tidak jarang ada yang mau membayar mahal untuk kreatifitas yang Anda miliki nanti.

1 komentar:

Yulita Putri Setiawan mengatakan...

Lumaayann bagusss :D