Kamis, 30 Mei 2013

Makna Logo Universitas Jember

Tidak sedikit mahasiswa yang sudah bertahun-tahun mengenyam pendidikan di Universitas Jember ini namun belum mengetahui makna dari logo kampusnya sendiri. Entah karena hirau, atau bahkan sudah lupa dengan logo kampusnya itu sendiri. Baiklah apapun alasannya dipostingan kali ini saya akan mengulas tentang Makna Logo Universitas Jember.

Coba Anda perhatikan gambar Logo Universitas Jember di atas, terlihat bahwa ada beberapa simbol-simbol penting yang memiliki makna tersendiri bagi Universitas Jember. Berikut pemaparannya:
1.      Lambang segilima, memiliki makna sama halnya pada dasar negara kita yakni lima dasar pada pancasila, jadi dengan bentuk segilima ini merupakan dasar yang menyatu pada falsafah Negara Indonesia.
2.      Lingkaran khayal, menggambarkan bahwa sikap dan niat yang bulat para masyarakat Jember untuk mendirikan Universitas Jember yang bukan sekedar khayalan semata, karena saat itu pendirian Universitas Jember sungguh mengharukan dengan perjuangan warga Jember yang memiliki keinginan untuk mendirikannya.
3.      Daun tembakau, padi dan jagung, ini merupakan simbol yang memiliki makna bahwa wilayah eks Karesidenan Besuki yang memiliki kesuburan tanah yang tinggi, sehingga menjadikan sebagai daerah penghasil tembakau ekspor, tempat dimana Universitas Jember lahir, tumbuh, dan berkembang.
4.      Tiga lembar daun tembakau segar, melambangkan Tri Darma Perguruan Tinggi (Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian pada masyarakat).
5.      Akar pengikat, melambangkan Panca Bharata yang mana terdiri atas Rasio (Akal Budi), Spirit (Semangat dan Keberanian), Idealisme (Cita-cita), Etika (Rasa Kemanusiaan), dan Realisme (Kenyataan).
6.      Lidah api, bermakna semangat jiwa rakyat yang berkobar kobar (Wilayah Pembantu Gubernur Besuki) dan sekitarnya yang membekali terciptanya Universitas Jember.
7.      Tujuh butir padi, melambangkan tujuh orang yang pernah duduk dalam Panitia Tujuh yang pernah dibentuk pada tahun 1962 oleh menteri PTIP dalam usaha pendirian Universitas Jember.
8.      Warna hitam pada segilima melambangkan ketegasan dan kesuburan dalam ilmu pengetahuan.
9.      Warna hijau pada daun melambangkan dinamik keheningan serta kesucian bagi umat yang mengagungkan Tuhan Yang Maha Esa.
Itulah Makna Logo Universitas Jember yang dapat saya paparkan, semoga dengan postingan kali ini bisa menambah wawasan mahasiswa UNEJ pada khususnya dan para pembaca pada umumnya. Informasi lebih lengkap silahkan kunjungi wesite resmi Universitas Jember di sini.
Sumber: Buku Pedoman Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Jember.

0 komentar: