Rabu, 29 Mei 2013

Monumen Triumviraat: Patung Perintis Universitas Jember


Jika Anda masuk ke kampus UNEJ melalui gerbang utama depan kator pusat, maka pertama kali Anda akan dikejutkan oleh tiga sosok pria tampan berdiri tegap di area bundaran Double Way. Eiiittss,,, jangan histeris,,,!!! Meraka bukanlah boy band ataupun makhluk alay yang suka nampang di pinggir jalan. Mereka adalah tiga tokoh pendiri Universitas Jember yang diabadikan sebagai Monumen Triumviraat yang diresmikan oleh Dr. Ir. T. Sutikto, MSc, tiga tokoh tersebut adalah dr. R. Achmad, R. Th. Soengedi dan M. Soerachman. Tak banyak orang tahu, salah satu yang punya peran penting dalam pendirian Universitas Jember (UNEJ) yang dulunya bernama Universitas Tawang Alun (UNITA) adalah Alm R. Soedjarwo. Saat UNITA dirintis, beliau menjabat sebagai Bupati Jember sekaligus merangkap sebagai Ketua DPRD Swatantra. Inilah penuturan Ir Suhardjo Widodo MS, putra keempat R. Soedjarwo yang juga menjadi saksi mata sejarah pendirian perguruan tinggi negeri di Jember. Baca artikel Sejarah Universitas Jember.
Dalam peresmian monumen ini, Dr. Ir. T. Sutitkto, MSc memaparkan bahwasanya pembangunan Monumen Triumviraat Perintis ini bertujuan agar para generasi penerus dan mahasiswa UNEJ mengetahui siapa dan peran apa yang telah diberikan oleh ketiga tokoh tersebut dalam merintis Universitas Jember. Selain itu diharapkan agar semangat para perintis yang tak kenal menyerah dapat dicontoh oleh generasi saat ini dan masa yang akan datang.
Pembangunan Monumen Triumviraat ini, kemudian juga disusul dengan pengabadian nama para tokoh yang berjuang untuk Universitas Jember tersebut untuk nama gedung dan fasilitas yang ada di kampus Universitas Jember sebagai salah satu bentuk terima kasih dan penghargaan atas jasa-jasa mereka. Beberapa gedung yang mengabdikan nama tokoh tersebut di antaranya, Gedung Mas Soerachman, Gedung Soengedi dan Gedung R Achmad sebagai kantor pusat Universitas Jember saat ini.

1 komentar:

MIRA ELZAURA mengatakan...

Kak aku lagi magang di perusahaan skincare di jember, Elzaura Beauty Skincare,
disini bahan skincarenya alami, bisa buat kulit wajah bersih, ga kusam, aku tertarik mau aku buat jadi bahan skripsi aku nanti, ada saran kah kak gimana langkah yang harus aku tempuh?