Senin, 20 Mei 2013

Pelatihan Blog Bersama Telkomsel Jember


Pagi itu suasana Kampus Tegalboto begitu segar dan menyejukkan, tepatnya di hari Minggu 19 Mei 2013. Sengaja aku bersama kawanku datang lebih awal di acara Pelatihan Blog sesi I yang di motori oleh Telkomsel Jember dan Universitas Jember. Sampai di lokasi terlihat beberapa Panitia dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASIF) sibuk menyambut para peserta yang datang.

Kala itu saya kebagian tempat di UPT-TI lantai 2. Dan tepat pukul 08.00 WIB pelaksanaan Pelatihan Blog bersama Telkomsel Jember itu segera dimulai. Bolpoint dari Telkomsel Jember yang berlogokan TSC (Telkomsel School Community) siap beraksi di atas blocknote yang juga persembahan dari Telkomsel Jember untuk merangkum materi yang diberikan oleh sang Tutor.

Bersumber dari pengalaman, sang Tutor dengan lincahnya memaparkan tutorial pembuatan blog dari yang berplatform blogspot hingga wordpress. Akan tetapi untuk memudahkan para pemula, sang Tutor sengaja mendalamkan pemaparannya pada tutorial blog yang berplatform blogspot. Yah, langkah pembuatan blog berplatform blogspot ini terbilang sangat sederhana dan mudah di ikuti oleh para pemula. Memang tak semua yang hadir di ruangan itu adalah pemula (newbie), karena beberapa di antara mereka ada yang sudah terlihat mahir dalam urusan blog ini. Perlu usaha keras memang untuk memahami uraian yang dipaparkan oleh sang Tutor, terlebih bagi pemula seperti saya ini.

Sekitar lima jam lebih saya bersama mahasiswa Universitas Jember lainnya sibuk bergulat dengan blognya masing-masing. Tak pelak jika para peserta yang hadir di acara itu telah mampu mengantongi sejumlah informasi mulai dari cara pembuatan blog, mendesain blog, membuat artikel hingga teknik meningkatkan SEO blog. Dan untuk memaksimalkan kemampuan yang telah didapat, para peserta yang hadir disarankan oleh panitia untuk ikut berpartisipasi juga dalam acara Lomba Blog Universitas Jember 2013 bersama Telkomsel Jember.

Saya sangat bersyukur bisa hadir di tengah-tengah event yang sangat bermanfaat ini. Saya harap event semacam ini tidak berhenti sampai di sini saja, akan tetapi bisa berlanjut hingga menjadi agenda rutin yang di adakan oleh Unej bersama Telkomsel Jember untuk peningkatan mutu mahasiswa Universitas Jember khususnya di bidang IT. Karena dengan mahir di bidang IT khusunya di dunia bloging, nantinya juga akan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam hal menulis melalui postingan yang mereka buat. Yah, tentu hal yang demikianlah yang akan menjadikan mahasiswa Universitas Jember menjadi lebih sigap dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan IPTEKS di dunia teknologi.

Sekian dulu cerita singkat saya terkait dengan event Pelatihan Blog 2013 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASIF) Universitas Jember bersama Telkomsel Jember. Beri tanggapan Anda terkait dengan event Pelatihan Blog 2013 bersama Telkomsel Jember yang telah saya ikuti ini! Terimakasih.

0 komentar: