Salam
mahasiswa…! Di kesempatan kali ini saya kembali membagikan beberapa pengetahuan
yang saya dapatkan ketika menempuh mata kuliah Strategi Belajar dan Mengajar
Bidang Studi di bangku kuliah saya. Tentunya hal ini akan bermanfaat sekali
bagi kawan-kawan yang kini tengah mendalami ilmu-ilmu tentang pendidikan.
Baiklah, tanpa panjang lebar lagi langsung disimak ya kawan informasinya!
hehe,,,
Metode
pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk
mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan
praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat beberapa metode
pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran,
diantaranya: (1) ceramah; (2) demonstrasi; (3) diskusi; (4) simulasi; (5)
laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9)
simposium, dan sebagainya.
Menurut
Nana Sudjana (2005: 76) “Metode pembelajaran ialah cara yang dipergunakan guru
dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pengajaran”.
Sedangkan M. Sobri Sutikno (2009: 88) menyatakan, “Metode pembelajaran adalah
cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi
proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan”.
Dari
beberapa definisi / pengertian metode pembelajaran yang dikemukakan tersebut di
atas dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran merupakan suatu cara atau strategi yang dilakukan oleh seorang
guru agar terjadi proses belajar pada diri siswa untuk mencapai tujuan.
Benny A. Pribadi (2009: 11) menyatakan, “tujuan proses pembelajaran adalah agar
siswa dapat mencapai kompetensi seperti yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan
proses pembelajaran perlu dirancang secara sistematik dan sistemik”. Terlebih pendidikan
hingga detik ini masih memegang peran penting dalam mempersiapkan sumber daya
manusia yang berkaualitas. Oleh karena itu, pendidikan hendaknya dikelola, baik
secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut bisa tercapai apabila siswa
dapat menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya dengan hasil belajar yang
baik. Hasil belajar seseorang, ditentukan oleh berbagai faktor yang
mempengaruhinya. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar
seseorang yaitu, kemampuan guru (profesionalisme guru) dalam mengelola
pembelajaran dengan metode-metode yang tepat, yang memberi kemudahan bagi siswa
untuk mempelajari materi pelajaran, sehingga menghasilkan pembelajaran yang
lebih baik.
Nah,
sampai di sini dulu ya kawan informasinya, semoga dengan artikel sederhana ini sedikit
tidak akan membawa manfaat bagi pembacanya. Untuk informasi lebih dalam tentang
metode pembelajaran silahkan baca juga artikel-artikel terkait tentang Metode Example and nonExample dan Metode Role Playing.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar